Mulai Hari Ini Jembatan Suramadu Bebas Tarif

Medianarasi.com. Hari ini resmi Jembatan Suramadu bebas tarif, kabar yang dikutip dari akun resmi Instagram Jasa Marga di @official.jasamarga disampaikan bahwa bebasan tarif akan diresmikan langsung oleh Presiden RI bapak Joko Widodo  pada hari Sabtu 27 Oktober 2018.

Jasa Marga mengatakan bahwa pembebasan Tarif Jembatan Tol Suramadu ini tentunya merupakan bagian dari komitmen pemerintah dan BUMN untuk terus memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. Jasa Marga merupakan operator Jembatan Suramadu sejak 2014. Biaya pemeliharaan jembatan yang menghubungkan Surabaya dan Madura ini akan ditanggung Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Hal ini diatur dalam peraturan presiden (perpres) yang mengubah fungsi Jembatan Suramadu dari tol menjadi jalan umum. Jembatan ini diresmikan oleh Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono pada 2009. Dua tahun lalu, pemerintah memangkas tarif 50 persen, sementara kendaraan roda dua diberi kelonggaran tak dikenai ongkos masuk.

Sebelum dibebaskan biaya, mobil golongan I seperti sedan, jip, pikap dan bus harus membayar Rp15 ribu, kendaraan golongan II seperti truk dua gandar harus membayar Rp22.500, golongan III seperti truk tiga dikenakan biaya Rp30 ribu. Sementara itu, kendaraan golongan IV seperti truk empat gandar dikenakan biaya Rp37.500 dan kendaraan golongan V yakni truk lima gandar harus membayar Rp45 ribu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.