Menuju Pendidikan Maju

Medianarasi.com. Pendidikan adalah suatu proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekumpulan manusia yang diwariskan dari satu genereasi ke generasi selanjutnya melalui pengajaran, pelatihan, dan penelitian.

Pendidikan merupakan upaya penyadaran tentang ilmu pengetahuan dalam kehidupan insan. Sangat banyak para ahli berpendapat tentang pentingnya pendidikan dalam menjalankan kehidupan bersosial.

Dari tahun ke tahun pendidikan selalu mengalami perubahan baik dari segi model dan desain pembelajaran yang ditawarkan oleh pemerintah. Beralihnya KTSP ke K13 tentu hal ini salah satu cara pemerintah untuk mendesain pembelajaran sebaik mungkin agar proses belajar-mengajar tidak membosankan dan membuat siswa lebih giat, antusias dalam mengikuti pembelajaran dengan kompeten juga berjalan secara efektif.

Salah satu cara untuk memajukan bangsa, dengan cara selalu memperbaiki sistem pendidikan sesuai kebutuhan peserta didik. Untuk membuat pendidikan maju tentunya tidak terlepas dari manajemen yang ditawarkan lembaga pendidikan, hal ini yang paling urgen dalam menciptakan pendidikan yang progresif kedepannya tentu tidak terlepas dari peran guru, karena ketika guru sudah berpotensi, baik dari SDM maupun cara mengelola SDA yang ada akan berdampak kepada peserta didik yang selalu dihadapi di bangku sekolah.

Banyak sekali pendidikan yang ada di Indonesia, baik di kota ataupun di desa. Namun anehnya, masih banyak kaum muda yang _mindset_ nya belum terdoktrin akan pentingnya dunia pendidikan, mereka lebih menyukai hal-hal yang membuat ia bahagia sementara, seperti halnya lebih memilih mencari harta, ada juga yang selalu berfoya-foya dengan mengatasnamakan “agar tidak mati gaya sebagai kaum muda”.

Seiring waktu, spiral terus berjalan dan akan mengantarkan kaum muda ke titik-titik yang mereka kehendaki, ketika pola pikir pemuda hari ini tidak bisa menjadi taruhan untuk kemajuan bangsa maka tidak ada lagi harapan kedepannya yang akan menggantikan kaum muda yang telah rela mati untuk menunjukkan betapa pentingnya merawat dan menjaga kemerdekaan yang ada di Negara tercinta.

Dalam hal ini tentu peran pendidikan yang dikatakan oleh Nelson Mandela sangatlah dinanti-nantikan hari ini “Pendidikan adalah senjata paling ampuh yang bisa anda gunakan untuk mengubah dunia”. Maka pertanyaan yang perlu ditanyakan hari ini, sanggupkah pemuda menjaga pendidikan yang ada di bumi pertiwi ini?

Tentu ketika sudah ada kesiapan dari pendidik, peserta didik serta media yang ingin digunakan dalam pendidikan, maka semua keinginan untuk membangun pendidikan Indonesia kedepannya lebih maju dan cepat digapai sesuai kebutuhan yang diinginkan oleh zaman.

 

Mas’ud

Mahasiswa Sampang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.