KPU: Mempersilahkan Tes Baca Al Quran Bagi Capres dan Cawapres Kalau Berkenan

Medianarasi.com– Jakarta. Undangan Dewan Ikatan Dai Aceh terkait tes baca Al Qur’an mendapatkan respon dari Komisi Pemilihan Umum (KPU),  KPU tidak mempermasalahkan mengenai usulan tes membaca Al-Quran dari Dewan Ikatan Dai Aceh bagi pasangan capres-cawapres, bahkan KPU tidak melarang usulan itu dan mempersilakan kepada pasangan capres-cawapres untuk memenuhi undangan Dewan Ikatan Dai Aceh apabila para pasangan capres dan cawapres berkenan.

Hasyim Asyari selaku Komisioner KPU di kantor KPU Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu (2/1). sebagaimana dikutip dalam kumparancom menpersilahkan para pasangan capres dan cawapres untuk menghadiri maka dipersilakan, KPU tidak melarang.

Hasyim mengatakan, pihaknya tak bisa ikut campur dalam usulan tersebut. Sebab, usulan tes membaca Al-Quran tidak masuk dalam salah satu syarat menjadi capres-cawapres yang telah ditetapkan oleh peraturan yang berlaku.

“Kalau KPU kan urusan pemenuhan syarat calon kan sudah selesai. Dan yang diurus KPU kan syaratnya yang dituangkan dalam undang-undang. kalau di luar UU KPU tidak bisa melakukan pengujian atau tes. Enggak bisa,” jelasnya.

Timses Jokowi-Ma’ruf Amin awalnya mengaku siap mengikuti tes membaca Al-Quran itu. Namun, pada akhirnya mereka merasa hal tersebut tak perlu dilakukan dalam kontestasi Pilpres 2019.

“Sikap resmi dari TKN adalah untuk menjadi presiden dan wapres konstitusi kita mengatur bahwa syarat itu tidak diperlukan. Jadi sikap resmi TKN, persyaratan presiden dan wapres sepenuhnya kami mengacu pada Pasal 10 dari Peraturan KPU Nomor 22 Tahun 2018,” ucap Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN), Hasto Kristiyanto, di Jalan Cemara, Jakarta Pusat, Minggu (30/12).

Sedangkan, cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno mengaku tak keberatan dengan usulan tes membaca Al-Quran tersebut. Namun, ia menyerahkan semuanya kepada KPU dan peraturan yang berlaku.

“Kita sudah sampaikan bahwa apa pun keputusan KPU, no problem, kita ikuti saja dan tidak menjadi masalah buat saya,” kata Sandi di Media Center Prabowo-Sandi Jalan Sriwijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (31/12).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.